Macam-Macam Manfaat Matahari Dan Bahaya Bagi Manusia

Macam-Macam Manfaat Matahari Dan Bahaya Bagi Manusia

Sinar matahari sering menyapa kita dari mulai waktu fajar hingga petang. Tahukah anda, begitu banyak macam-macam manfaat matahari dan bahaya bagi manusia. Namun sebelum membahas itu, mari kenali lebih dekat dengan sumber cahaya terbesar ini.

Macam-Macam Manfaat Matahari Dan Bahaya Bagi Manusia

Matahari atau biasa disebut surya merupakan sebuah bintang besar yang berada di galaxi ruang angkasa sebagaimana seperti planet lain yang mengitarinya. Berbentuk hampir bulat terpecah atas medan magnet yang berpadu plasma panas. Massa matahari sekitar tiga perempat berupa hidrogen, sementara sisanya helium.

Jarak antara bumi menuju matahari sangat jauh menurut ahli astronomi diperkirakan 150 juta km. Pergerakan cahaya untuk sampai di bumi berdurasi 8 menit 19 detik. Energi yang dipancarkan matahari sejatinya mempengaruhi seluruh kehidupan makhluk hidup bumi tidak terkecuali manusia. Membicarakan mengenai sinar matahari, ibarat mata uang logam yang mempunyai dua sisi. Apa artinya? sisi yang satu berakibat baik dan sisi lain justru buruk terhadap kesehatan.

Ketika kondisi lingkungan terang, cahaya yang datang diserap oleh tanaman guna melakukan fotosintesis. Sama hal dengan manusia, kulit memerlukan sinar matahari agar merangsang produksi vitamin D. Peran penting vitamin D yaitu membentuk susunan gigi dan tulang yang kukuh. Umum dalam benak orang, matahari bisa menyebabkan efek negatif jika terpapar. Tapi, perlu diluruskan pendapat tersebut bahwa keburukan bagi tubuh adalah dimana posisi matahari sudah naik atau titik kulminasi pada tengah hari.

Anda tidak menyadari beragam manfaat yang dijumpai selain mendukung terbentuk vitamin D. Berikut beberapa rangkumannya:

  • Membantu tugas ginjal yang terbebani.
  • Menambah elastisitas (kekenyalan) dan kecerahan kulit.
  • Memperbaiki kerja organ liver, usaha atasi sakit kuning.
  • Meningkatkan kardiovaskular
  • Berjemur badan pagi hari disarankan karena memompa hormon melatonin waktu malam. Adanya melatonin, maka tidur mudah nyenyak.
  • Menormalkan takaran kolesterol.
  • Membasmi mikroba.
  • Meredakan gangguan radang sendi.
  • Memacu aliran darah.

Sensasi hangat juga mampu merelaksasi diri sehingga terhindar dari stres. Matahari memiliki 3 jenis ultraviolet / sinar UV yakni UV-A, UV-B dan UV-C. UV, radiasi tidak tampak yang masih berasal dari matahari. UV yang digolongkan berpatokan panjang gelombang:

  • UV-A diduga bereaksi tembus lapisan dalam hanya beresiko ringan pada rusaknya kulit.
  • UV-B sifat destruktifnya sekedar lapisan luar kulit (epidermis).
  • UV-C ancaman paling intens menghancurkan. Tapi beruntung, mayoritas terserap ozon.

Kesimpulannya, cegah potensi membahayakan sinar UV melalui sun-block saat keluar rumah siang dan memakai pakaian lengan panjang maupun proteksi lain. Tidak ada salahnya memanaskan tubuh di jam awal terbit supaya terjaga fit.

Mau info menarik lagi? Klik > Efek samping minum teh berlebih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *