Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Manfaat Berjemur Di Pagi Hari ternyata mempunyai keunggulan yang tiada bandingannya. Memang biasanya tindakan ini identik dengan bayi agar kondisi tubuhnya sehat. Begitupun orang dewasa harus memerhatikan fungsi alami yang diberikan sinar surya.

Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Alangkah baiknya memanaskan badan sepintas sebelum mengerjakan aktivitas. Para peneliti percaya bahwa apabila bagian tubuh sengaja tersorot cahaya matahari ketika waktu masih awal, maka beragam kegunaan bisa didapatkan. Nah, mau tahu seperti apa selengkapnya? Berikut informasi lengkap:

  • Mengurangi kolesterol terlampau tinggi menjadi hormon seks dan steroid yang diperlukan untuk reproduksi. Seandainya jarang terkena sengatan matahari, malah rawan akan kolesterol jahat yang mengancam kenyamanan.
  • Membangun sistem daya tahan atau kekebalan tubuh. Kekuatan sel darah putih yang telah naik dapat memerangi infeksi baik ringan hingga berat.
  • Membasmi bakteri jahat, luka yang muncul akibat menjalarnya mikroorganisme berangsur-angsur terkikis. Ini pernah dibuktikan sebelumnya pada masa perang dunia ke 1, Niels Finsen menguji coba korban ternyata mampu kembali pulih sehabis berjemur di bawah terik matahari pagi. Berkat penemuan mengesankan tersebut, ia dianugerahi Nobel tahun 1903 silam.
  • Meningkatkan kadar oksigen lebih dari cukup dalam darah. Pengaruhnya tidak jauh beda dengan latihan olahraga yaitu mengencangkan otot, menambah stamina penuh.
  • Membangun vitamin D melalui rangsangan panas matahari ke area kaki, punggung, leher, lengan sekitar 10-15 menit. Vitamin D berperan memacu penyerapan kalsium dalam usus kemudian menyalurkan kalsium melintas membran sel sehingga tulang kokoh. Selain itu bantu minimalisir ukuran kolesterol darah guna menyingkirkan penyakit jantung (kardiovaskular).
  • Memperbaiki kualitas tidur karena hormon melatonin semakin ekstra. Diketahui melatonin adalah hormon berbentuk kacang kecil yang tersimpan di dasar otak dihasilkan kelenjar pinea bagian organ tubuh.
  • Melancarkan peredaran darah lewat pelebaran pembuluh di kulit. Otomatis oksigen, nutrisi yang terserap dibawa menuju sel-sel saat pembuluh kapiler terbuka.
  • Mengeliminasi alias mendetoks racun (membenahi tugas hati).
  • Menekan gula darah, pasalnya matahari merupakan insulin alami yang memudahkan glukosa masuk menyebar di sel dan jaringan. Nantinya gula darah diganti glycogen terus ditempatkan di otot dan hati.

Semoga informasi yang disampaikan memberi inspirasi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *